Windows Live Messenger + Facebook

assalamu'alaikum wr.wb selamat datang di sepuluhbesardijagadraya.blogspot.com, kami menerima kritik dan saran anda dengan cara mengirim data dan email beserta kritik dan saran pembaca ke fitrar@yahoo.com, terima kasih wassalamu'alaikum wr.wb

Jumat, 01 Juni 2012

10 Ritual Kematian Paling Aneh di Dunia

1. Pemakaman Langit atau sky burial
http://hermawayne.blogspot.com

Iklim keras Tibet dan tanah berbatu-batu membuat pemakaman di sana terasa mustahil. Jadi, warga Buddha di Tibet sering pergi untuk sebuah “pemakaman langit” di mana tubuh akan dicincang, dicampur dengan tepung dan diatur sedemikian rupa agar dimakan oleh burung-burung pemakan bangkai. Mereka percaya bahwa tubuh hanyalah sebuah kapal untuk jiwa dan harus kembali ke alam.

2. Peti mati Fantasi
http://hermawayne.blogspot.com

Jika saja Elvis Presley meninggal di Teshi (Ghana), maka dia akan dikuburkan dalam sebuah peti mati berbentuk gitar. Warga pinggiran Accran ini mempunyai kebiasaan menguburkan mereka yang mati dalam peti mati fantasi. Peti mati ini mengambarkan profesi almarhum. Replika raksasa botol coke, buah-buahan atau gadget lainnya akan ditampilkan di ruang pamer peti mati.

3. Mumifikasi Diri Sendiri
http://hermawayne.blogspot.com

Hal ini membuat ritual menjelang kematian terdengar seperti lelucon. Beberapa biksu Budha yang disebut Sokushinbutsu di Jepang tidak hanya melakukan bunuh diri, mereka juga melakukannya dengan cara yang dipercaya menyebabkan mereka menjadi mumi. Proses ini dimulai dengan diet kacang dan buah-buahan yang dikombinasikan dengan kegiatan fisik yang keras. Penghapusan lemak tubuh tercapai dengan langkah pertama. Langkah kedua melibatkan kehilangan cairan tubuh dan meracuni tubuh mereka untuk mencegah serangan belatung. Ini dicapai dengan mengkonsumsi kulit, akar dan teh beracun selama 1000 hari.
Pada tahap terakhir, biarawan itu akan memasuki sebuah makam batu, duduk dalam posisi lotus dan menunggu kematian. Dia akan membunyikan lonceng setiap hari untuk membiarkan sesama biarawan tahu bahwa dia masih hidup. Dan kemudian ketika lonceng tidak lagi berbunyi, para biarawan akan menyegel makam, menunggu 1000 hari lagi sebelum membukanya untuk memeriksa mumifikasi itu.

4. Exposure – Tower of Mumbai
http://hermawayne.blogspot.com

Zoroastrianisme percaya bahwa setelah kematian tubuh hanya membuat pencemaran saja. Kremasi atau penguburan dikesampingkan karena mereka beranggapan akan mencemari unsur-unsur sakral seperti api dan bumi. Jadi, mereka melakukan sebuah ritual yang disebut eksposure orang mati. Tubuh almarhum disimpan di menara yang disebut Tower of Silence dan dibiarkan dimakan oleh burung nasar. Praktek ini sekarang masih dilakukan di anak benua India. Berkurangnya populasi Hering burung pemakan bangkai di India telah menyebabkan proses ini menjadi mengerikan. Beberapa Foto terakhir menunjukkan tumpukan mayat semakin membusuk di atas Tower di Mumbai (India), dan membangkitkan kontroversi dalam masyarakat.

5. Pemakaman Dengan Penari Telanjang
http://hermawayne.blogspot.com

Menghadiri upacara kematian dapat membosankan, namun tidak jika ada penari telanjang profesional di pemakaman. Di wilayah Donghai China, pemakaman sebenarnya simbol status. Reputasi orang mati dan kehormatan dianggap berbanding lurus dengan jumlah orang yang menghadiri pemakamannya. Jadi, keluarga menyewa penari telanjang untuk menarik orang banyak. Pihak berwenang Cina telah mulai menindak praktek ini setelah gencarnya media memberitakan.

6. Berdansa Dengan Orang Mati
http://hermawayne.blogspot.com

Percaya atau tidak, orang Malagasi di Madagaskar mengeluarkan orang mati dari kubur dan melakukan perayaan bersama mereka. Ritual yang disebut Famadihana ini meyakini semangat almarhum akan bergabung dengan nenek moyang mereka setelah tubuhnya membusuk. Perayaan yang diiringi dengan tarian-tarian bersama mayat ini diadakan sekali setiap 7 tahun sekali dan merupakan waktu reuni keluarga bersukacita.

7. Kematian yang mempesona
http://hermawayne.blogspot.com

Orang-orang sekarang dapat “memakai” orang yang mereka cintai di jari-jari mereka. Sebuah perusahaan Amerika yaitu LifeGem menawarkan kesempatan bagi mereka yang mati untuk diubah menjadi sebuah berlian sintetik. Proses ini dimulai dengan menangkap karbon dari tubuh pada saat dikremasi dari almarhum. Karbon dari tubuh orang mati ini kemudian diubah menjadi grafit. selanjutnya menjalani sebuah proses dengan suhu dan tekanan yang sangat tinggi untuk mendapatkan kristal mengkilap seperti berlian. Harganya berkisar dari $ 3500 sampai $ 20,000 tergantung pada ukuran karat.

8. Puasa Untuk Kematian
http://hermawayne.blogspot.com

Vimla Devi, seorang wanita India melawan kanker, meninggal pada 2006. Penyebab kematian itu bukan kanker, tapi puasa selama 13 hari yang disebut santhara. Ini adalah ritual puasa untuk kematian yang dipraktekkan oleh Jain, sebuah komunitas yang menentang  kekerasan terhadap semua makhluk. Santhara biasanya dimulai setelah orang memutuskan bahwa tujuan hidupnya sudah tercapai dan siap untuk pemurnian spiritual.

9. Pemakaman Tana Toraja
http://hermawayne.blogspot.com

Pemakaman di wilayah Tana Toraja Indonesia adalah sebuah ritual agung. Upacara pemakaman disertai dengan musik, tari-tarian dan pesta untuk sejumlah tamu. Kematian di sini adalah sebuah kesempatan mewah dengan harga yang mahal. Jadi, keluarga almarhum diberikan penangguhan, mereka tidak perlu menguburkan tubuh mayat dengan segera. Mereka hanya akan membungkusnya dan menyimpannya di dalam rumah mereka, sementara mereka menabung untuk biaya pemakaman. Tabungan dapat waktu berminggu-minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sementara waktu itu, mayat diperlakukan sebagai orang sakit. pemakaman yang sebenarnya terjadi ketika keluarga melakukan upacara kematian, dan peti mati ditempatkan di kuburan berupa gua atau tergantung di tebing.

10. Endocannibalisme
http://hermawayne.blogspot.com

Mungkin inilah ritual kematian terburuk yang pernah ada. Endocannibalisme adalah praktik dimana orang memakan tubuh orang yang mati. Ide di balik kebiasaan mengerikan ini adalah kepercayaan bahwa dengan memakan tubuh si mati, maka sekaligus akan “menghisap” sifat-sifat almarhum untuk asimilasi roh. Beberapa suku di Amerika Selatan dan Australia dikatakan telah mempraktekkan ritual menyeramkan ini. Tapi banyak akademisi merasa endocannibalisme adalah tuduhan palsu yang dilemparkan oleh kolonial pada masa awal untuk mendapatkan alasan dominasi politik. Menurut antropolog Napoleon Changon, komunitas Yanomamo di Amerika Selatan masih memakan abu dan sisa tulang orang yang mati setelah dikremasi.

5 Pasar Ritel Terbaik Negara Berkembang

5. Malaysia: Fokus pada infrastruktur jalan.
Perekonomian Malaysia diperkirakan tumbuh 6,2 persen tahun ini, dan industri ritel senantiasa berkembang selama dua tahun terakhir. Namun, perekonomian negara ini diperkirakan berpotensi mengalami bubble di bidang properti serta tingkat utang rumah tangga yang meningkat.

Pemerintahan dengan populasi penduduk mencapai 28,9 juta ini sedang berupaya mengembangkan bisnis ritel dengan membangun pusat belanja baru di pinggiran kota melalui konsep Big-Box Boulevards (BBB). Pengusaha ritel di negara ini juga ditawari biaya sewa yang rendah.

Dengan konsep ini, Malaysia berangan-angan mengelompokkan industri ritel ke dalam 6 dari 10 bisnis ritel yang berbeda-beda. Sebagai contoh, industri ritel di bidang pakaian, otomotif, perangkat rumah tangga, olahraga, dan furnitur yang akan mengisi satu lokasi boulevard.
  
4. Filipina: Kawasan urban menopang pertumbuhan.
Pertumbuhan industri ritel Filipina tahun ini diharapkan dapat mencapai US$39 miliar (Rp351 triliun) dan menjadi US$42 miliar (Rp378 triliun) pada 2015. Pencapaian itu berkat populasi masyarakat perkotaan yang meningkat serta bertambahnya pengeluaran konsumsi penduduk.

Pertumbuhan ekonomi Filipina juga diperkirakan meningkat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata (Compound Annual Growth Ratio/CAGR) 5,3 persen dalam lima tahun mendatang. Sementara itu, pendapatan per kapita dalam periode yang sama juga diharapkan naik 25 persen.

Saat ini, industri ritel Filipina terkonsentrasi di kota metropolitan Manila. Di kawasan perkotaan, sumber pemasukan industri ritel berasal dari keluarga kelas menengah dan kaum profesional.

Filipina tercatat memiliki 40 persen penduduk berusia muda yang menjadi kunci utama pengeluaran konsumsi masa mendatang.  


3. Indonesia: Pertumbuhan dengan underlying yang kuat.
Industri ritel Indonesia tahun ini diperkirakan tumbuh menjadi US$134 miliar (Rp1.206 triliun) dan melonjak menjadi US$223 miliar (Rp2.007 triliun) pada 2015.

Indonesia harus bersyukur dengan underlying ekonominya yang sangat kuat berupa populasi penduduk yang mencapai 235,5 juta jiwa. Pendapatan per kapita penduduk Indonesia juga terus naik dengan pertumbuhan infrastruktur industri ritel yang terus meningkat akan menunjang penjualan ritel bahan pangan.

Sektor ritel lain yang bakal tumbuh adalah elektronika yang dipimpin oleh produk komputer, dan diperkirakan tumbuh 13 persen dalam lima tahun mendatang.

2. China: Ekonomi yang makin seksi.
Dalam peringkat GRDI negara berkembang di seluruh dunia, China menempati posisi keenam. Pertumbuhan ekonomi China terus menunjukkan kejutan dengan kenaikan lebih dari 10,3 persen pada 2010 dan diperkirakan sedikit melambat menjadi 9-10 persen tahun ini.

Ukuran pasar ritel China saat ini ditaksir mencapai US$2,1 triliun, atau hampir 50 persen dari pasar ritel Amerika Serikat. Pertumbuhan industri ritel sendiri terus menunjukkan arah positif, di mana terjadi kenaikan sekitar 15 persen antara 2009 dan 2010.

Namun demikian, pasar yang mengalami booming terkadang sering menjadi ancaman pembalikan. Laju inflasi yang terus meningkat dikhawatirkan mengancam belanja konsumsi masyarakat. Selain itu, tingkat suku bunga terus naik empat kali sepanjang 2010.

Beruntung, konsumsi masyarakat China diperkirakan terus positif seiring membaiknya tingkat pendapatan dan prospek tenaga kerja pada masa mendatang. Hal ini diperkuat dengan rencana pemerintah lima tahun ke depan yang akan mengalihkan ketergantungan bahan baku ke konsumsi domestik. Sementara itu, konsumsi masyarakat diperkirakan melonjak menjadi US$100 miliar per tahun. 

1. India: Waktunya masuk ke pasar.
India mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat selama 2010, yakni sebesar 9 persen. Pertumbuhan ekonomi per tahun bakal mencapai 8,7 persen hingga 2016.

Kondisi ini didukung oleh tingkat simpanan dan investasi penduduk yang tinggi, pertumbuhan tenaga kerja yang cepat, serta belanja konsumsi masyarakat yang besar merupakan faktor yang mendukung pertumbuhan industri ritel.

Konsumer India saat ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk membeli bahan-bahan non pangan, dan lebih banyak membeli produk bermerek. Hasilnya, golongan masyarakat konsumtif di negara ini semakin menjamur.

Populasi penduduk yang mencapai 1,2 miliar jiwa, dan diperkirakan melampaui China, merupakan target yang menarik.

Ritel yang sudah terorganisasi (organized retail) di India saat ini tercatat mencapai 7 persen dari pasar ritel India bernilai US$435 miliar (Rp3.915 triliun). Selanjutnya pada 2020, diharapkan meningkat menjadi 20 persen. Selama ini, hampir 70 persen pasar ritel India di dominasi produk pangan.

Sektor lain yang diperkirakan berkembang adalah bisnis ritel di segmen perlengkapan rumah yang bakal tumbuh 20-30 persen pada tahun ini.

Industri ritel di India masih akan didominisi di kawasan kota besar kendati sudah banyak yang melirik kota-kota dengan tingkat lebih kecil.

Walau India dianggap pasar yang seksi untuk industri ritel, peraturan investasi di negara ini masih membatasi pemodal asing masuk pada sektor ini. Investor hanya diperkenankan masuk dengan menggandeng pebisnis lokal atau membentuk perusahaan patungan. (art)

10 negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia

BloggerMu.com – Taukah Anda, negara yang memiliki populasi muslim paling banyak di dunia??  Berikut ini adalah 10 negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia:
1. Indonesia : 182,570,000 orang




Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di seluruh dunia. Meskipun 88% penduduknya beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran. Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri.
Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.
2. Pakistan : 134,480,000 orang




Pakistan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Dengan lebih dari 150 juta penduduk, Nama Pakistan diambil dari awalan daerah Punjab, Afghan, Kashmir, Sind dan Baluchistan. Sedangkan dalam bahasa Persi Pak berarti suci dan Stan bermakna negara sehingga para pendiri Pakistan mengharapkan adanya negara suci menurut ajaran Islam.
3. India : 121,000,000 orang




Islam adalah agama yang kedua terbesar kedua setelah agama Hindu (80.5%). Ada sekitar 174 juta Muslim, 16.4% dari jumlah penduduk. Sejak pengenalannya ke India, Islam telah membuat penyumbangan keagamaan, kesenian, falsafah, kebudayaan, kemasyarakatan dan politik kepada sejarah, warisan dan kehidupan India.
4. Bangladesh : 114,080,000 orang




Islam adalah agama terbesar Bangladesh, yang muslim penduduk lebih dari 130 juta dan merupakan hampir 88% dari total jumlah penduduk, berdasarkan sensus 2001. Islam datang ke wilayah Bengal sejak abad ke-13, terutama oleh kedatangan para pedagang Arab, Persia Saints dan penaklukan daerahl Salah satu yang terkenal adalah suci Islam, Shah Jalal.
5. Turki : 65,510,000 orang




Daerah yang terdiri dari Turki moden mempunyai tradisi Islam yang lama dan kaya melatar belakang ke zaman permulaan Seljuk dan Empayar Uthmaniyyah. Orang Turki secara kebudayaan dan sejarah adalah umat Islam.
6. Iran : 62,430,000 orang




Sejarah awal Iran meliputi negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yang mempunyai persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Ketika itu, negara-negara ini diperintah oleh kekaisaran-kekaisaran seperti Media dan Akhemenid. Sassania adalah kekaisaran Persia terakhir sebelum kedatangan Islam. Kemudian Persia bergabung menjadi sebagian khilafah Islam awal.
7. Mesir : 58,630,000 orang




Islam menyentuh wilayah Mesir pada 628 Masehi. Ketika itu Rasulullah mengirim surat pada Gubernur Mukaukis -yang berada di bawah kekuasaan Romawi-mengajak masuk Islam. Rasul bahkan menikahi gadis Mesir, Maria. Pada 639 Masehi, ketika Islam di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab, 3000 pasukan Amru bin Ash memasuki Mesir dan kemudian diperkuat pasukan Zubair bin Awwam berkekuatan 4000 orang. Mukaukis didukung gereja Kopti menandatangani perjanjian damai. Sejak itu, Mesir menjadi wilayah kekuasaan pihak Islam.
Di masa kekuasaan Keluarga Umayah, dan kemudian Abbasiyah, Mesir menjadi salah satu provinsi seperti semula. Khalifah Muiz membangun Masjid Besar Al-Azhar (dari “Al-Zahra”, nama panggilan Fatimah) yang dirampungkan pada 17 Ramadhan 359 Hijriah, 970 Masehi. Inilah yang kemudian bekembang menjadi Universitas Al-Azhar sekarang, yang juga merupakan universitas tertua di dunia saat ini.
8. Nigeria : 53,000,000 orang




Islam dianut oleh 50% dari total penduduk Nigeria, Penyebaran Islam di Nigeria dibagi dalam tiga periode, yaitu periode Trans Sahara dan Afrika Utara, periode Atlantik dan periode kemerdekaan. di samping melakukan perdagangan, para pedagang Muslim juga memperkenalkan misi utama ajaran Islam, yaitu mengembangkan perdamaian, keadilan dan kesejahteraan.
9. Algeria (Al-Jazair) : 30,530,000 orang

Islam pertama kali dibawa ke Aljazair oleh Bani Umayyah setelah invasi dinasti dari Uqba bin Nafi, dalam berlarut-larut proses penaklukan dan konversi yang membentang 670-711. Namun, seperti di Timur Tengah itu sendiri, mereka berusaha untuk menggabungkan baru mereka Islam dengan perlawanan terhadap aturan luar negeri kekhalifahan – sebuah ceruk yang Khawarij dan Syiah “ajaran sesat” diisi dengan sempurna.
10. Maroko : 28,780,000 orang




Maroko modern pada abad ke-7 M merupakan sebuah wilayah Barbar yang dipengaruhi Arab. Bangsa Arab yang datang ke Maroko membawa adat, kebudayaan dan ajaran Islam. Sejak itu, bangsa Barbar pun banyak yang memeluk ajaran Islam. (Sumber: BeritaUnik)

10 Negara dengan Kekuatan Militer Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah 10 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia, berdasarkan jumlah personil tentaranya. Republik Rakyat Cina adalah negara dengan jumlah personil terbanyak di dunia, bukan Amerika Serikat. Nampaknya Cina akan menjadi kekuatan baru bukan hanya dibidang ekonominya tetapi juga dibidang militernya.
10 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia

10. Vietnam

Militer Vietnam pernah mencetak sejarah dengan memukul mundur tentara AS dari Vietnam dalam Perang Vietnam. Kekuatan militer Vietnam adalah salah satu yang terbesar di dunia dengan jumlah tentara aktif sebanyak 455.000, pasukan cadangan sebanyak 5 juta personil, paramiliter sebanyak 40.000 personil dan total sebanyak 5.495.000 personil. Militer Vietnam disebut sebagai Tentara Rakyat Vietnam (VPA) yang meliputi Angkatan Darat, Angkatan Laut, Pertahanan Perbatasan dan Polisi Kelautan. Anggaran untuk angkatan bersenjata Vietnam sebesar 2.5 % dari PDB. Tentara Vietnam dikenal berperang dengan cara bergerilya. Inilah yang menyebabkan tentara Vietnam menjadi kuat khususnya selama Perang Indocina.
Kekuatan Militer Vietnam

9. Iran

Iran merupakan negara dengan kekuatan militer salah satu yang terbesar di dunia. Kekuatan pasukan aktif Iran sebanyak 523.000 personil, pasukan cadangan sebanyak 1.800.000. Angkatan bersenjata Iran disebut Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran dengan cabang: Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian. Anggaran militer Iran sebanyak 2.7% dari PDB. Ayatullah Ali Khamenei adalah panglima tertinggi bukan pada presiden. Iran memiliki sejarah perang yang panjang, khususnya Perang Teluk Iran-Irak.
Kekuatan Militer Iran

8. Turki

Turki adalah sebuah negara besar yang terletak di Eurasia. Sejarah negara Turki tidak dapat dilepaskan dari zaman kejayaan Islam hingga di bawah kepemimpinan Kesultanan Utsmaniyah, yang terkenal dengan kekuatan militernya yang besar dan kuat. Hingga akhirnya runtuh pada tahun 1924. Setelah Perang Dunia I berakhir, banyak dari militer Utsmani melarikan diri dari Rumelia dan Anatolia untuk mendukung gerakan nasional. Kekuatan militer Turki sebanyak 510.600 pasukan aktif, dengan pasukan cadangan sebanyak 378.700 personil. Angkatan bersenjata Turki meliputi Angkatan Udara Turki, Angkatan Laut Turki, Tentara Turki, Gendamarine dan Coast Guard.
Kekuatan Militer Turki

7. Pakistan

Pakistan merupakan negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia dengan 617.000 personil militer yang aktif, 513.000 pasukan cadangan dan 304.000 pasukan paramiliter sehingga total 1.434.000 kekuatan militer Pakistan. Pakistan membeli peralatan militernya dari Cina. Pakistan membentuk angakatan bersenjatanya pada tahun 1947 untuk melepaskan diri dari Inggris. Pakistan berperan aktif dengan menjadi anggota PBB dan lebih dari 10.000 pasukan ikut menjaga perdamaian sejak tahun 2007. Anggaran militer Pakistan sebesar 2,6% dari PDB.
Kekuatan Militer Pakistan

6. Korea Selatan

Korea Selatan memiliki kekuatan militer terbesar di dunia. Korsel memiliki anggaran kekuatan militer sebesar 2,6%. Kekuatan militer Korsel sebanyak 687.000 pasukan aktif, 8 juta pasukan cadangan, 4.500 pasukan paramiliter dan total kekuatan militer Korea Selatan adalah 8.691.000 personil. Korsel menerapkan wajib militer bagi semua warga negara laki-laki yang telah cukup umur . Sebanyak 1000 laki-laki dipilih setiap tahun untuk dikirim ke KATUSA (pelatihan akademi) selama dua tahun. Kekuatan militer Korsel terdiri dari AngkatanDarat (Roka), Angkatan Laut (ROKN), Angkatan Udara (ROKAF), Korps Marinir (ROKMC) dan pasukan cadangan. Tentara Korsel memiliki 2.500 tank, 680 helikopter, 1.700 K55 dan K9 Thunder howitzers dan masih banyak perlengkapan kekuatan militer Korsel lainnya.
Kekuatan Militer Korea Selatan

5. Rusia

Sebagai negara terluas di dunia dengan luas 17.075.400 km2, Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Angkatan bersenjata Rusia disebut sebagai Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. Kekuatan militer Rusia meliputi Angkatan Udara Rusia, Angkatan Laut Rusia, Pasukan Rudal Strategis, Pasukan Airbone Rusia, Russian Space Troops dan Russian Ground Forces. Tentara aktif Rusia sebanyak 1.027.000 personil, pasukan cadangan sebanyak 20 juta personil. Anggaran militer Rusia termasuk besar yaitu sebesar 3.5% dari PDB. Rusia menerapkan wajib militer selama 12 bulan mulai warga negara pria berusia 18 tahun. Sebagai negara maju dan berpengaruh, Rusia memproduksi peralatan militer dan sebagai negara industri pertahanan.
Kekuatan Militer Rusia

4. Korea Utara

Tanggal 17 Desember 2011 adalah hari bersejarah bagi rakyat Korea Utara, karena sang pemimpin Kim Jong-il meninggal dunia, yang juga sebagai Panglima Tertinggi Tentara Rakyat Korea dan Ketua Komisi Pertahanan Nasional. Angkatan bersenjata Korea Utara adalah salah satu kekuatan militer terbesar di dunia dengan 1.106.000 pasukan aktif, 8.200.000 pasukan cadangan dan 189.000 paramiliter sehingga total 9.495.000 personil pasukan tentara Korea Utara. Gun Inmin adalah sebutan bagi militer Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK). Anggaran untuk militer adalah 25% dari PDB, sehingga tidak heran jika Korea Utara adalah negara yang paling dimiliterisasi di dunia.
Kekuatan Militer Korea Selatan

3. India

India menjadi negara yang memiliki pertumbuhan yang pesat, baik dalam bidang perekonomian, teknologi dan industri, termasuk kekuatan militer India adalah salah satu yang terbesar di dunia. India dianggap sebagai kekuatan baru Asia dengan PDB yang tinggi serta geo-politik yang berpengaruh di dunia. India kerap dibandingkan dengan Cina, khususnya untuk kekuatan militernya. Sejak tahun 2006 personil tentara India yang aktif berjumlah lebih dari 1.325.000 dan pasukan cadangan sebanyak 2.142.821 personil, 1.300.586 paramiliter dan total sebanyak 4.768.407 personil militer India. Kekuatan militer India terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dilengkapi oleh pasukan paramiliter dan Komado Pasukan Strategis (layanan antar lembaga). Anggaran untuk kekuatan militer di India sebesar 1.83% dari PDB. Panglima tertinggi Angkatan Bersenjata India adalah Presiden.
Kekuatan Militer India

2. Amerika Serikat

Sebagai negara yang maju, adidaya dan negara kaya, Amerika memiliki kekuatan militer yang terbesar di dunia. Amerika adalah negara yang paling aktif dalam mengirimkan tentaranya ke negara-negara yang sedang berkonflik, khususnya di wilayah Arab, dengan dalih untuk menjaga perdamaian. Kekuatan militer AS sebanyak 1.468.364 tentara aktif, sebanyak 1.458.500 pasukan cadangan, pasukan paramiliter sebanyak 11.035 dan total sebanyak 2.937.899 personil. Kekuatan militer Amerika meliputi US Army, Korps Marinir AS, Angkatan Laut AS, Angkatan Udara AS, US Coast Guard. Markas besar angkatan bersenjata AS di Washington DC dan Arlington Virginia. Panglima tertingginya adalah presiden yang sedang menjabat saat itu. Presiden terpilih AS selalu mengagendakan pengiriman pasukan perdamaian di bawah PBB dan NATO, namun kebijakan ini masih menjadi pro dan kontra bagi masyarakat AS yang terkena wajib militer. Anggaran kekuatan militer AS cukup besar yaitu 4.9 % dari PDB.
Kekuatan Militer AS

1. Cina

Cina tumbuh menjadi kekuatan baru di Asia. Cina dengan wilayah yang luas dan sumber daya manusianya, menjadi negara yang maju dan memainkan peran global di dunia. Sehingga tidak mengherankan bahwa angkatan bersenjata Cina juga merupakan yang terbesar di dunia. Angkatan bersenjata Republik Rakyat Cina disebut sebagai Rakyat Tentara Pembebasan (PLA). PLA memiliki 2.285.000 personil aktif, pasukan cadangan sebanyak 800.000 personil, 1.500.000 paramiliter dengan total 4.585.000 personil. Cina tidak menerapkan wajib militer bagi warga negaranya, angkatan kerja untuk usia militer 18 – 49 tahun. Kekuatan militer Cina terdiri dari lima cabang: Kantor Angkatan, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Artileri Kedua (gaya rudal strategis), dan Polisi Bersenjata Rakyat.
Kekuatan Militer Cina

10 negara dengan harga minyak termurah di dunia

1. Venezuela

Venezuela dipimpin oleh presiden Hugo Chavez, seorang presiden yang cukup terkenal bagi mereka yang mengikuti politik internasional. Dengan paham sosialisme di negara ini, negara dapat mengambil alih perusahaan swasta dan dapat membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik seperti menetapkan harga bensin yang murah. Dengan harga bensin per liter sebesar Rp. 445, tidak heran negara ini menjadi negara dengan harga bensin termurah di dunia.
2. Turkmenistan

Turkmenistan merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia. Hal ini membuat harga bensin di negara ini hanya sebesar Rp. 712 per liter. Sedikit mengingatkan kita dengan harga bensin di negara ini sebelum terkena dampak krisis moneter.
3. Nigeria

Nigeria memiliki sumber minyak nomor 10 terbesar di dunia. Jadi wajar bila harga bensin di negara ini hanya sebesar Rp. 890 per liter.
4. Iran

Pada tingkat produksi saat ini, diperkirakan bahwa Iran masih akan terus memproduksi minyak selama 74 tahun ke depan. Jadi wajar jika di negara Mahmoud Ahmadinejad ini harga bensin hanya sebesar Rp. 979 per liter
5. Arab Saudi

Dengan kekayaan yang sangat besar yang didapat dari sektor minyak tidak heran jika negara ini mematok harga bensin hanya sebesar Rp. 1.068 per liter.
6. Kuwait

Kuwait adalah negara monarkhi yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia. Di negara ini harga bensin hanya sebesar Rp. 1.869 per liter.
7. Qatar

Di negara dengan simpanan minyak diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³) ini, harga bensin di sana hanya sebesar Rp. 1.958 per liter. Cukup aneh mengingat Qatar sebenarnya merupakan negara terkaya nomor dua di dunia.
8. Bahrain

Bahrain adalah negara di kawasan teluk Persia berupa pulau kecil. Negara yang bertumpu pada sektor produksi minyak ini menjual bensin dengan harga hanya sebesar Rp. 2.403 per liter.
9. Mesir

Mesir merupakan salah satu negara penghasil minyak di Dunia. Di negara Afrika Timur Laut ini harga bensin hanya sebesar Rp. 2.848 per liter.
10. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk Persia. Di negara yang kaya akan minyak dan juga merupakan negara terkaya keempat di dunia ini harga bensin hanya sebesar Rp. 3.293 per liter.
Sumber 10 Negara dengan Harga Bensin Termurah di Dunia disini

10 negara dengan penghasil minyak terbanyak

1.Arab Saudi

Produksi minyak: 11,75 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 13,24%
Ekspor harian ke AS: 1,42 juta barel
Cadangan terbukti: 262,6 miliar barel



2.Amerika Serikat

Produksi minyak: 10,59 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 11,94%
Ekspor harian ke AS: -
Cadangan terbukti: 20,68 miliar barel




3.Rusia

Produksi minyak: 10,3 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 11,64%
Ekspor harian ke AS: 572.000 barel
Cadangan terbukti: 60 miliar barel




4.Cina

Produksi minyak: 4,19 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 4,7%
Ekspor harian ke AS: 2.000 barel
Cadangan terbukti: 20,35 miliar barel




5.Iran

Produksi minyak: 4,13 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 4,6%
Ekspor harian ke AS: 0
Cadangan terbukti: 137 miliar barel




6.Kanada

Produksi minyak: 3,92 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 4,4%
Ekspor harian ke AS: 3,01 juta barel
Cadangan terbukti: 175,21 miliar barel




7.Uni Emirat Arab

Produksi minyak: 3,23 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 3,6%
Ekspor harian ke AS: 3.500 barel
Cadangan terbukti: 97,8 miliar barel




8.Meksiko

Produksi minyak: 2,95 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 3,3%
Ekspor harian ke AS: 1,11 juta barel
Cadangan terbukti: 10,42 miliar barel




9.Brazil

Produksi minyak: 2,8 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 3,15%
Ekspor harian ke AS: 321.000 barel
Cadangan terbukti: 12,86 miliar barel




10.Kuwait

Produksi minyak: 2,75 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 3,1%
Ekspor harian ke AS: 352.000 barel
Cadangan terbukti: 104 miliar barel




(Rimba Laut/RM/VBN,berbagaisumber)

Entri Populer

Iklan Baris

tekan ( X ) untuk melanjutkan

Cool Google Gadgets

MTV Music Videos

Daftar Blog Saya