Ocean Blue Flame
assalamu'alaikum wr.wb selamat datang di sepuluhbesardijagadraya.blogspot.com, kami menerima kritik dan saran anda dengan cara mengirim data dan email beserta kritik dan saran pembaca ke fitrar@yahoo.com, terima kasih wassalamu'alaikum wr.wb

Jumat, 05 April 2013

10 Fakta Unik Tentang Indonesia

Bahasa Resmi Ke-2 Vietnam


Pemerintah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007. Seorang diplomat Indonesia di Hochi Minh City untuk periode 2007-2008. Irdamis Ahmad mengatakan, "Bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang di prioritaskan."
Salah satu perguruan tinggi di Vietnam mengadakan lomba pidato dalam bahasa Indonesia, lomba esay tentang Indonesia, dan pameran kebudayaan Indonesia. Beberapa universitas bahkan mulai membuka program studi bahasa Indonesia, antara lain Universitas Hong Bang dan Universitas Nasional HCMC.

Spoilerfor 2. Bahasa Indonesia di Pelajari Lebih dari 45 Negara di Dunia:
Bahasa Indonesia di Pelajari Lebih dari 45 Negara di Dunia


Saat ini sekitar 45 negara mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika Serikat, Kana dan Vietnam. Di Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Sekitar 500 Sekolah di Australia mengajarkan bahasa Indoensia, bahkan, murid kelas 6 Sekolah Dasar sudah ada yang pandai berbahasa Indonesia.

Spoilerfor 3. Wikipedia bahasa Indonesia Peringkat ke-26 di Dunia dan Terbesar ke-3 di Asia:
Wikipedia bahasa Indonesia Peringkat ke-26 di Dunia dan Terbesar ke-3 di Asia


Menulis Ensiklopedia bebas di internet semakin di gemari masyarakat Indonesia. Bahkan, Ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi Ensiklopedia elektronik terbesar ketiga di Asia setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. Wikipedia bahasa Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di Dunia. Tantangan Wikipedia Indonesia ke depan adalah bagaimana meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan publik sebab informasi di Wikipedia Indonesia dapat terus diperbarui setiap saat.

Spoilerfor 4. Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling Banyak digunakan di Wordpress:
Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling Banyak digunakan di Wordpress


Fakta bahwa setelah bahasa Spanyol, bahasa Indonesia adalah bahasa yang menempati urutan ketiga paling banyak di gunakan dalam posting posting tulisan wordpress.com. Indonesia adalah negara terbesar ke dua di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 Bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru wordpress berasal dari indonesia dan ada 117.601.633 kunjungan ke situs wordpress.com dari 40 kota di Indonesia.

Spoilerfor 5. Paling banyak berganti Ibukota dalam waktu Singkat:
Paling banyak berganti Ibukota dalam waktu Singkat



[LEFT]


Belum ada negara di dunia yang berganti ibu kota selama empat kali dalam kurun waktu singkat kecuali Indonesia. yakni Jakarta(1945-1946), Yogyakarta(1946-1948), Bukittinggi(1948-1949), dan Jakarta(1950-sekarang).

Spoilerfor 6. Suku bangsa Terbanyak di Dunia:
Suku bangsa Terbanyak di Dunia


Indonesia merupakan negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Ada lebih dari 740 suku bangsa/etnis sehingga tidak heran bahwa Indonesia juga merupakaan negara dengan bahasa daerah terbanyak. yakni 583 bahasa dan dialek. Sadar bahwa bentrokan antaretnis sangat berpotensi terjadi, maka pendiri negara menyepakati semboyan bangsa Indonesia Bhinneska Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu juga.

Spoilerfor 7. Angka:
Angka


Penyebutan angka 1-9 dalam bahasa Indonesia mengandung misteri. Jika kita menjumlahkan dua angka yang huruf awalnyasama, hasilnya selalu sepulu.
Contohnya:
1.Berawal S--> Satu+Sembilan = Sepuluh
2.Berawal D-->Dua+Delapan = Sepuluh
3.Berawal T-->Tiga+Tujuh = Sepuluh
4.Berawal E-->Empat+Enam = Sepuluh
5.Berawal L-->Lima+Lima = Sepuluh

Spoilerfor 8. Ramah:
Ramah


Selain karena keindahan alamnya, banyak wisatawan mancanegara memuji keramahan orang Indonesia. Berdasarkan survei The Smiling Report pada tahun 2009. Indonesia di nobatkan sebagai negara paling murah senyum di dunia. Indonesia dan Hongkong di nobatkan sebagai negara terbaik dalam mengucapkan salam.

Spoilerfor 9. Satu-satunya negara yang pernah Keluar dari PBB:
Satu-satunya negara yang pernah Keluar dari PBB


Sampai saat ini, Indonesia adalah satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB. Indonesia bergabung dengan PBB pertama kali pada tahun 1950 sebagai anggota ke-60.Tahun 1965 Indonesia menaring keanggotaannya. Tahun1966 Indonesia masuk kembali ke PBB hingga sekarang.

Spoilerfor 10. Film pertama Indonesia yang di buat oleh orang Indonesia:
Film pertama Indonesia yang di buat oleh orang Indonesia


"Darah dan Doa" adalah film indonesia karya Usmar Ismail yang di produksi pada tahun 1950 dan di bintangi oleh Faridah. Film ini merupakan film Indonesia pertama yang sepenuhnya di buat oleh orang Indonesia. Film ini juga merupakan produksi pertama Perusahaan Film Nasional Indonesia(Perfini). Adegan syuting pertama pada tanggal 30 Maret 1950 yang kemudian di rayakan sebagai Hari Film Nasional. Kisah film ini berasal dari skenarion penyair Sitor Situmorang. yang menceritakan tentang seorang pejuang revolusi Indonesia yang jartuh cinta kepada salah satu perempuan Jerman yang menjadi tawanannya.


PERTAMAX GAN!!!
Spoilerfor cek:


Jadi, kita sebagai warga Negara Indonesia patut Bangga dengan negara kita Indonesia. Dimana negara memiliki banyak Keunikan tersendiri yang tidak di miliki oleh Negara lain.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Iklan Baris

tekan ( X ) untuk melanjutkan

Daftar Blog Saya